Navigasi


 

Aku ingin bertanya pada ahli kapal laut atau kapal terbang, tentang bagaimana ia menempatkan haluannya ke arah yang tepat. 

Dalam film yang pernah aku tonton, pesawat memiliki aneka macam tombol dan tuas dengan fungsi masing-masing. Tuas penerbangan, tuas flap, ketinggian pesawat, angka knot kecepatan, adalah beberapa hal yang mereka perhatikan. Bahkan, para ahli itu memiliki istilah khusus yang mereka ungkapkan dalam penerbangan. Pun demikian dengan kapal laut, barangkali. Pasti sulit mengemudikan benda besar itu, bukan?

Tentang diriku, tentang ke mana seharusnya navigasiku terarah, aku justru tidak tahu. Padahal, ini hanya tentang aku; bukan benda besar seperti kapal yang mengangkut berton-ton benda. Kadang aku lurus, kadang aku memuar haluan ke kanan, ke kiri, atau ke arah lain. Sejujurnya, aku belum menemukan cara untuk sampai di tempat di mana seharusnya aku berlabuh.

Bagaimanapun juga, selalu ada saatnya haluan ini mengarah padamu. Bukan apa-apa, tapi sepertinya kamu memiliki medan magnet yang sanggup menarik obyek di sekelilingmu. Ah, mungkin ini hanya khayalanku. Tapi, masalahnya adalah, aku tak siap berpapasan dengan kapal lain dalam perjalanan, yang mungkin memiliki rute yang sama denganku.

Aku tak memiliki rudal ataupun senapan seperti yang digunakan para sniper. Bahkan jika aku punya, aku tak yakin akan menggunakannya (ataupun akan bisa menggunakannya). Lalu, apa yang harus aku lakukan?

(photo: tumblr.com)

0 comments:

Post a Comment