Kelas 12: Liburan Ngapain, Ya?

Lagi liburan, ya?

Kalau dihitung-hitung sih, liburan anak sekolah itu masih dua minggu lagi. Masih panjaaaang banget. Belum lagi nanti habis masuk sekolah bentar, eh udah libur lebaran. Asyik banget ya kayaknya?

Ada anak kelas 12 yang udah rajin stalking akun-akun twitter yang isinya info tentang UN, SNMPTN, SBMPTN, dan kawan-kawannya itu? Kalau ada, pasti pernah baca tweet yang isinya minta kalian untuk belajar.

  Ya ampun, lagi liburan gini masa belajar, sih?  
Hayo, siapa yang berpikiran kayak gini? Banyak deh pasti. Iyalah, lagi enak-enak dapat jatah liburan setelah pusing sekolah dan UKK kok disuruh belajar? Gak asyik!


Setahun yang lalu, kalau ada yang nyuruh saya belajar, saya paling juga males-malesan. Kerjaan di samping bantu-bantu ortu paling internetan atau baca novel. Belajar? Istilah itu dihapus dulu sampai tahun baru ajaran tiba.

Tapiiii, kalian jangan sampai kayak gitu. JANGAN. Saran saya, juga alumni yang lain, belajarlah mulai dari sekarang. Atur jadwal, tempel di dinding. Nggak perlu belajar lama-lama juga kok. Belajarlah sebentar, tapi rutin. Habis sahur, lagi nunggu shalat subuh, bisa buka-buka buku. Setelah shalat subuh dan tadarusan, bisa belajar lagi sampai jadwal bantu-bantu ibu tiba. Ngabuburit ditemenin buku dan soal-soal, malah lebih bermanfaat lagi.


  Dapat materi kelas 12 aja belum, terus belajar apaan?  
Ada beberapa opsi:
  • Review materi kelas 10 dan 11. Kalian bisa mulai pisahin buku-buku mapel UN, sambil diingat-ingat lagi isinya.
  • Download soal-soal UN tahun lalu, terus kerjakan. Banyak kok diinternet. Malah udah ada pembahasannya juga. Berhubung belum dapat materi kelas 12, kalian bisa skip dulu soal-soal kelas 12. Kerjain soal kelas X dan XI. Kalau lupa caranya, review materi lagi. Kerjakan soal, lalu cocokkan dengan kunci pembahasan.
  • Belajar buat SBMPTN. Duh, nggak salah, nih? Kan UN duluan, baru SBM! Nggak, ini bukan saran main-main. Malah ini penting banget. Serius, deh.
Oke, aku bakal bahas opsi ketiga ini.

Barangkali kalian ada yang udah berpikir; kan ada SNMPTN yang nggak perlu pakai tes. Betul, ada SNMPTN. Iya, barangkali nilai rapor kalian udah bagus. Iya, mungkin alumni sekolah kalian yang kuliah di PTN X itu buanyak, jadi angkatan kalian juga kayaknya bakal diambil banyak. Iya, mungkin kalian berpikir kalian akan diterima. Tapi, siapa yang tahu rencana Allah, sih?

Belajar dari sekarang. Persiapkan SBMPTN dari sekarang. SBMPTN itu ujian seleksi, jadi nggak kayak UN. Perbandingan keketatannya jauh, makanya soal-soal SBMPTN pun relatif lebih sulit dan bervariasi.

Saya pejuang SBMPTN dan ujian mandiri lainnya. Saya merasakan gimana rasanya soal SBM. Dan yang ada di pikiran saya pas lagi belajar SBM adalah; kenapa saya nggak belajar soal-soal ini dari dulu?

Kalau prodi yang bakal kamu pilih di PTN nanti sekiranya sejalur sama bidang kamu di SMA, maka dengan belajar soal level SBM, kamu seharusnya bisa menyelesaikan soal UN *iya, termasuk UN level internasional kayak tahun ini*. Download soal-soal, kerjakan dulu sampai selesai. Baru deh, kamu cocokkin. Atau kalau kamu nggak yakin sama kunci di internet, kamu bisa browsing materi yang ada hubungannya dengan soal itu. Bisa juga tanya teman dan alumni.
soal SBMPTN sejarah 2014

Nah, gimana kalau prodi yang dipilih beda dengan jurusan di SMA/SMK? Persiapan kalian harus semakin oke. Atur jadwal dari sekarang untuk belajar UN dan SBMPTN. Dalam seminggu, kalian bisa atur 4 hari untuk belajar materi UN, 3 hari SBM. Atau dibalik. Atau bikin jadwal lain, yang penting cocok sama kalian.

  Belajarnya nanti-nanti ajalah, semester 2.  Kan masih semester 1. Masih banyak waktu. 
Ng ... jangan samakan antara UN SMP dulu dengan SMA ya. Di SMP, yang cuek malas belajar aja bisa jawab soal dan lulus... sementara SMA? Kecuali kalian memang betul-betul pintar, pasang target nilai 8 lebih sampai 9 itu nggak gampang. Apalagi soal level internasional.. Huahaha. Banyak lho yang berpikir, "Yang penting lulus". Urusan nilai belakangan.

Di semester 2, waktu kalian bakal tersita habis, deh. Isinya pendalaman materi UN melulu. Guru-guru makin semangat ngasih soal-soal. TO ini itu muncul. Belum lagi yang bimbel. Atau yang nggak ikutan bimbel, pulang sekolah sibuk minta diajarin pelajaran yang belum ngerti sama temen. Fotokopian soal tahun lalu, buku prediksi UN, fotokopi ringkasan materi UN bakal berdatangan. Kalian akan sibuk ngurus pendaftaran sekolah swasta dengan jalur prestasi (dan menawarkan beasiswa), pendaftaran beberapa sekolah ikatan dinas, dan pendaftaran SNMPTN. Obrolan kalian juga banyaknya tentang UN, prodi kuliah, dan PTN. Intinya sih, kalian bakal supersibuk di semester 2.

Jadi, kalian tetap mau belajar SBMPTN di semester 2? Yakin ada waktunya? Apalagi yang lintas jalur, kapan belajarnya? Kapan?

  Ada kok, yang nggak susah-susah belajar kayak gitu, tapi malah SNMPTN diterima. 
Kalau memang ada, jadi kenapa? Kalian kan belum tentu seperti itu. Allah punya rencana sendiri buat kalian. Kalian boleh aja santai-santai, enak-enakan, sampai hari H pengumuman SNMPTN tiba. Kalian boleh habis UN kelar, udah. Tutup buku.

Tapi ...

Gimana kalau ternyata Allah pengin lihat usaha kalian dulu?

Makanya kalian bakal diberi jatah di SBMPTN atau UM, bukan di SNMPTN. Kalau kalian belajar lebih awal, malah persiapan kalian semakin matang, kan?

Sekali lagi, betul, ada yang nggak susah-susah belajar, tahu-tahu lolos SNMPTN. Sudahlah, mereka mungkin memang jalannya di sana. Mungkin Allah udah cukup lihat usaha mereka. Mungkin kali ini mereka dimudahkan, tapi lain kali kalianlah yang dimudahkan.

Kalian tahu nggak, ada banyak anak yang lolos SNMPTN karena ... jauh-jauh hari udah belajar buat SBMPTN. Tiap hari kerjaannya makan soal. Soal-soal tahun-tahun sebelumnya dibabat habis. Rajin tanya-tanya kalau yang nggak ngerti... pokoknya siap banget diuji di SBMPTN. Tapi ternyata ... udah lolos duluan di SNMPTN. Ilmunya nggak kepakai? Salah. Kepakai banget. Mereka jadi tahu rasanya gimana berjuang, berusaha, meskipun mereka nggak ikut ujian SBM.

Saya nggak lagi bercanda dengan menyuruh kalian belajar di masa liburan begini. Kelak, satu tahun lagi, kalian bakal mengerti gimana perasaan saya dan teman-teman saya yang udah mencicipi pahit manisnya TO, UN, SBMPTN, SIMAK, UM UGM, USM STAN, dan kawan-kawannya itu. Keputusan untuk mengisi liburan belajar/tidak, itu tetap ada di tangan kalian.

Pokoknya, selamat berlibur!^^


P.S.

Beberapa akun twitter yang bisa kalian ikuti: @info_SNMPTN, @SiapJadiMaba, @rizkydea, @infomasukptn, dll.

Beberapa web yang bakal berguna untuk kalian:
Adakah alumni yang mau menambahkan lagi?

P.S. (lagi)
Saya ada buku latihan soal UN matematika untuk kelas 12, isinya soal-soal level mudah sampai soal level SBMPTN. Bukunya fotokopian gitu, dapat dari guru saya. Buku ini disajikan per bab, jadi berguna banget kalau mau mendalami bab tertentu yang belum paham. Ini buku saya pas kelas 12 kemarin, tapi yang baru diisi cuma sedikit. Banyak banget yang masih kosong karena mendekati UN saya malah disibukkan belajar soal-soal tahun lalu._. (jangan kayak saya pokoknya). Saya pengin kasih buku ini ke salah satu dari kalian. Ada yang mau?

Thank you!


8 comments:

  1. Saran yang baik, tapi ini aku masih kelas 10. Bisa berguna untuk yang akan datang, kali ya. Hehe. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelas 10? Kalau gitu, nikmati masa SMA-mu duluuuu. :D

      Delete
  2. wih gue udah kelas tiga nih, harus bener belajar dari semester atu (._.)9

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih enak bersusah-susah sekarang, daripada mepet pas di semester 2. Semangat, yaa! (ง`▽´)ง

      Delete
  3. Huaaaa makasih kakak sarannya! Aku kelas 3 nih hihi. Semoga taun depan aku bisa lulus un dan lolos masuk ptn/kedinasan sesuai minat sm bakatku. Aamiin :D
    Webnya dibookmark duluu ahhh~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, aamiin! Semoga sukses ya. Persiapkan dari sekarang. Liburan kali ini bakal diganti sama liburan superpanjang sebelum kuliah dimulai, kok. FIGHTING! ^^

      Delete
  4. liburan kuliah memang panjang banget ya mbak, bisa sampai dua bulan... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, libur dari lulus SMA sampai awal kuliah memang lamaaa banget. makanya mending buat persiapan ujian masuk kuliah. ^^

      Delete